Cara Backup & Restore Website WordPress

9

Pengertian BACKUP adalah kegiatan menyalin data dari server ke komputer lokal. Backup data harus selalu anda lakukan untuk mencegah hilang atau rusaknya data website yang bisa disebabkan oleh Hacker.

Berapa frekuensi backup tergantung frekuensi anda update website. Semakin sering update website berarti backup bisa anda lakukan mingguan atau bulanan. Backup bisa dilakukan secara parsial dan atau menyeluruh.

Backup parsial berarti backup dilakukan bagian per bagian misalnya backup database saja, backup file,  dan backup email sedangkan backup menyeluruh dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu.  Biasanya backup menyeluruh (Full backup) digunakan untuk keperluan migrasi ke server lainnya.

A. Backup website via area CPanel Hosting

a.Login Cpanel Hosting

kursus website online
b. Pilih “Files” >> pilih dan klik icon “Backup

kursus website online
c. Jika anda menginginkan “full backup” maka cukup klik pada tombol “Download a full website backup” untuk memulai proses backup.

no

kursus website online
d. Setelah itu akan muncul jendela konfirmasi  seperti gambar contoh dibawah ini:

kursus website online

e. Backup Directory : Pilih menu dropdown dimana anda akan menyimpan file download.
f. Email Address: Isikan email anda untuk  mensetting pemberitahuan proses backup saja via email.
g. Jika sudah selesai klik tombol “Generate Backup“.
h. Download file backup ke komputer lokal anda.
i. Anda pun bisa melakukan Backup Parsial seperti Backup semua file di home directory yakni dengan mengklik tombol “Home Directory“, dan apabila ingin membackup database anda cukup pilih dan klik pada “nama database”  yang anda gunakan pada website.
j. Proses download akan berjalan otomatis dan tersimpan dikomputer lokal anda.

B. Restore Website

Restore berfungsi mengembalikan data dari komputer lokal ke server hosting. Sebelum melakukan restore pastikan data backup tidak corupt atau rusak. Jika rusak maka website akan maengalami kerusakan.

a. Login Cpanel Hosting
b. Pilih “Files” >> pilih dan klik icon “Backup
c. Pada jendela “Backup” anda bisa temukan bagian “Restore Home directory Backup” dipakai untuk merestore semua data file website, dan “Restore a MySQL Backup” dipakai untuk merestore database.

kursus website online
d. Uploadkan kembali file download anda ke Server  dengan mengklik tombol “Choose File“.
e. Lanjutkan dengan mengklik tombol “Upload“.  Otomatis secara default wordpress akan mengupdate website sesuai tanggal data backup anda kerjakan.

Dengan demikian data data anda akan aman karena tersimpan juga pada komputer anda.