Cara Install Plugin dan Widget WordPress

10

Plugin dan Widget berguna untuk menambah fitur website. Keduanya berbeda dalam penggunaannya. Plugin digunakan melekat dalam artikel sedangkan widget digunakan berdiri sendiri dan ditempatkan pada widget area yang sudah disiapkan oleh template yang anda gunakan.

Masing-masing theme memiliki layout dan nama widget area yang berbeda-beda. Artinya jika anda merubah theme berarti anda harus merubah posisi pada widget yang sudah anda pasang. Berbeda halnya dengan plugin, perubahan theme tidak berpengaruh besar. Hanya saja perubahan theme akan menimbulkan perubahan pada CSS (Cascade Style Sheet) plugin yang sudah terpasang.

Jika anda di depan sudah belajar “Cara Menginstall Theme wordpress” maka cara install plugin pun hampir sama.

1. Melalui area Backend

Caranya:
a. Login ke area Admin
b. Pilih menu “Plugins” >> pilih submenu “Add new

kursus website online
c. Pada jendela “Add new” ada dua alternatif pilihan. Anda bisa menggunakan plugin yang terdaftar di WordPress.org melalui menu “Search Plugins” atau anda mengupload plugin dari hasil download dari we si pembuat plugin.

kursus website online

d. Disini saya coba ambil plugin yang sudah ada di direktori plugin wordpress.org yaitu plugin “WP Supercache“. Klik tombol “Install Now” dan tunggu beberapa saat untuk proses instalasikursus website online

e. Jika sudah terinstall maka akan tampil tombol “Activate” pada plugin tersebut. Klik pada tombol tersebut untuk mengaktifkan plugin.

kursus website online

f. Jika plugin sudah aktif maka plugin akan tampil pada jendela “Plugins“.

kursus website online

g. Agar supaya plugin dapat berjalan maksimal maka anda harus melakukan setting konfigurasi pada plugin yang anda gunakan dengan mengklik pada link “Settings”

kursus website online

no

h. Berikut ini contoh setting pada plugin WP Supercache.

kursus website online

 

2. Cara Install Melalui Cpanel Hosting

Cara install ini dilakukan biasanya karena faktor batas maksimal upload pada server. Seperti halnya cara install template.

a. Login ke Cpanel Hosting ketikkan: Namadomainanda/CPANEL.  Masukkan Username dan Password Cpanel Hosting.

kursus website online
b. Pada jendela utama Cpanel Pilih “Files” >> pilih dan klik icon “File Manager“.

kursus website online
c. Perhatikan lokasi path dimana anda menginstall wordpress misalnya anda menginstall WordPress di domain utama berarti path foldernya adalah “public_html
d. Buka path folder : public_html/wp-content/plugins/

e. Klik icon “Upload“. Selanjutnya pilih file theme (biasanya dalam format ZIP) yang ingin anda upload dari komputer lokal. Secara otomatis, wordpress akan menjalankan proses upload. Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai. Jika sudah selesai maka file ZIP anda akan tampil pada path: public_html/wp-content/plugins/

kursus website online
f. Kemudian Extract file ZIP theme di path tersebut.
g  Coba cek area backend anda di menu “Plugins“. Jika sudah terekstrak maka theme anda tersebut akan masuk ke jendela “Plugins“.

h. Dan selanjutnya anda tinggal klik tombol “Activate” dan setting.

Sebagai latihan cobalah mencari plugin plugin berikut dan lakukanlah Instalasi ke website:
1. All in One WP Security
2. All in One SEO
3. Youtube Embed WordPress